Sabtu, 02 Juni 2018

Perjuangan Orang Tua yang Kadang Terabaikan

Ketika tubuhnya sudah mulai renta bahkan makin lama semakin membungkuk, mereka masih mementingkan Anda atau bahkan pasangannya agar tetap bahagia. Itulah keras kepalanya orang tua yang tidak pernah Anda ketahui. Tapi apakah Anda pernah melihat perjuangan orang tua yang sia-sia? Tentu tidak. Perjuangan mereka tidak sia-sia, melainkan terabaikan oleh Anda sehingga apapun yang diperjuangkan mereka tidak terlihat. 

Perjuangan Orang Tua
Di zaman yang seperti ini, semakin lama akan semakin menjauhkan Anda dari orang tua. Bahkan, Anda dapat dengan mudah mengabaikan semuanya, termasuk perjuangan orang tua. Terkadang mereka selalu berpikir untuk dapat membahagiakan anak dan pasangan dengan caranya. Meski seharusnya bukan saatnya lagi mereka berjuang dan harusnya sudah pensiun ketika tubuhnya mulai tidak mampu lagi. Tapi, semangatnya untuk anak dan pasangan menjadikan sebuah nuklir yang meledakan rasa malas itu sendiri. Bahkan, mereka sampai mengabaikan sekalipun itu rasa lelahnya. Apakah Anda pernah melihat raut wajahnya yang lelah namun tertutup dengan senyum? Itulah dia.

Perjuangan orang tua yang semakin lama semakin besar membuat mereka merasa sangat mampu untuk mengatasi semua masalah. Namun tidak untuk masalah mengenai ego Anda seorang anak. Banyak saat ini anak-anak yang menuntut terlalu banyak keinginan terhadap orang tuanya, tapi apakah Anda pernah menuruti kemauan mereka sebagai orang tua? Tentu iya, tapi tidak semuanya karena pemikiran Anda berbeda dengan mereka. Meskipun Anda telah menikah, mereka tetap berjuang untuk Anda sebagai anaknya.

Pernahkah Anda berpikir dari mana datangnya uang biaya kehidupan Anda semasa kecil hingga saat ini? Bagaimana Anda dan saudara-saudara dapat bersekolah? Semua atas perjuangan orang tua. Hal seperti ini kadang terabaikan oleh Anda, tapi mereka tidak pernah marah atau mengeluh ketika Anda mengabaikan semua perjuangannya. Melainkan ia dapat menenangkan diri Anda ketika marah terhadap mereka. Semua terasa sangat indah dan damai sebab mereka selalu mengalah demi Anda. Itulah perjuangan orang tua untuk menjadikan keluarga tempat berlindung yang aman, bukan berlindung di dunia luar.

Meski terkadang ia marah, bukan berarti Anda yang salah. Bisa jadi itu caranya agar Anda dapat mengerti dan paham dengan perjuangannya. Walau itu bukanlah hal yang mereka inginkan. Perjuangan orang tua melindungi Anda semasa di kandungan, semasa kecil, semasa beranjak dewasa, dan semasa dewasa sudah tidak dapat digantikan bahkan dibayar dengan uang milyaran rupiah. Perjuangan orang tua tidak dapat Anda balas dengan porsi yang sama.

Lantas bagaimana caranya Anda membalas perjuangan orang tua? Caranya dengan menggapai mimpi dan menjalani hidup dengan baik, itulah yang mereka inginkan. Urusan materi, lebih sering diabaikan oleh mereka agar memberi kebebasan untuk Anda memilih pintu rezeki. Selain itu, agar Anda paham arti perjuangan orang tua terhadap Anda.
Sudah sejauh apa Anda memahami dan mengerti perjuangan orang tua?
Jika mereka ada di samping Anda, cobalah memeluknya. Perhatikan wajahnya, sebab kelak Anda sudah tidak dapat memeluk demi merasakan hangat suhu tubuhnya dan melihat raut wajahnya yang sudah begitu banyak sejarah mereka lalui.

Ajak melakukan kegiatan yang positif. Temani mereka sebisa mungkin. Bagi anda yang berada di Jakarta bisa ajak ke gkdi.org setiap hari Minggu. Biar mereka bisa ibadah, sekaligus ketemu teman-teman. Percayalah, segala upayamu ini tidak akan sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar