Kamis, 06 September 2018

Tips Cerdas Ajak Anak Bersih-Bersih Rumah


Anak Bersih Bersih Rumah

Kidsdor.com menjadi salah satu portal informasi yang bisa memberikan anda tips-tips bermanfaat seputar kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah tentang cara untuk berinteraksi dengan anggota keluarga, contohnya anak. Seperti kita ketahui bahwa berkomunikasi dengan anak tidak semudah yang dibayangkan karena anak memiliki cara sendiri dalam menyerap informasi yang mereka terima.

Kali ini, kita akan membahas sebuah topik seputar cara berkomunikasi dengan anak. Lebih spesifik, kita akan membahas bagaimana cara untuk mengajak anak agar bersedia menjaga kebersihan lingkungan rumahnya. Biasanya kita mengenal anak sebagai penyebab rumah menjadi kotor dan berantakan, kali ini kita akan membahas cara mengajak anak menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Kebersihan dan kerapian rumah merupakan tanggung jawab semua anggota keluarga, tidak hanya ibu. Hal ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak agar anak memiliki rasa tanggung jawab. Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar orang tua bisa mengajak anak untuk bertanggung jawab menjaga kebersihan dan kerapian rumah?

Tips Mengajak Anak Bersih-Bersih Rumah
http://kidsdor.com/ menjadi sumber informasi terbaik bagi para orang tua. Banyak tips yang bisa didapatkan di sana. Dan inilah dia 6 tips jitu mengajak anak mau bersih-bersih rumah :

1.    Berikan Ajakan secara Lisan
Kalau bukan orang tua maka siapa lagi yang bisa memberikan nasihat kepada anak? Berikan ajakan secara lisan agar anak bersedia untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Katakan kepada anak bahwa kebersihan adalah hal yang penting dan berpengaruh pada kesehatannya.

Tanamkan tanggung jawab dengan memberikan pesan-pesan secara lisan. Katakan bahwa anak memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapian karena ia juga merupakan anggota keluarga yang tinggal di rumah.

2.    Sambil Bermain
Agar anak mau ikut bersih-bersih rumah maka anda bisa melakukan kegiatan bersih-bersih sambil bermain. Misalnya, anda bisa mengajak anak untuk memasukkan mainan-mainan ke dalam kotak sambil berhitung menggunakan irama lagu. Anda juga bisa berlomba dengan anak, siapa yang lebih banyak memasukkan mainan ke dalam kotak ia yang menang.

3.    Goda dengan Hadiah
Anak-anak cenderung akan bersemangat melakukan sesuatu jika ada imbalannya. Tidak masalah, anda bisa menyiapkan hadiah sederhana untuk anak jika ia mau membantu membersihkan rumah. Misalnya, anda bisa menyiapkan makanan favoritnya jika ia mau membersihkan semua mainannya.

4.    Tunjukkan Akibat
Anak mungkin malas membersihkan mainannya karena ia tidak merasakan akibat buruk dari kebiasaan tersebut. Sebagai orang tua, anda bisa menunjukkan apa akibatnya jika mainan tidak dibersihkan dengan baik. Misalnya, anda bisa menunjukkan bahwa orang lain bisa terluka karena mainan yang berserakkan.

Selain itu, anda juga bisa memberikan sedikit ancaman untuk anak. Misalnya, jika anak tidak mau membereskan mainannya sendiri setelah selesai bermain maka tidak akan anda mainan baru untuk dia. Ancaman seperti ini biasanya jitu untuk membuat anak mau melakukan apa yang seharusnya ia lakukan.

5.    Berikan Pujian
Selalu berikan pujian ketika anak mau membersihkan lingkungan rumahnya. Sekecil apapun itu, misalnya ketika anak membuang bungkus permen ke tempat sampah. Katakan bahwa anak pintar karena mau membuang sampah di tempatnya. Hal ini secara tidak langsung akan merangsang anak untuk terus melakukan hal yang sama agar mendapat pujian.
Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anak mau membersihkan lingkungan rumahnya. Namun, jangan lupa kunci pentingnya yaitu anda sebagai orang tua harus memberikan contoh baik kepada anak secara langsung. Jika anda ingin mendapatkan informasi lainnya seputar kehidupan sehari-hari, anda bisa langsung kunjungi http://kidsdor.com/.
 

0 komentar:

Posting Komentar