Senin, 17 Desember 2018

Begini Cara Mendidik Anak Hiperaktif yang Tepat


Cara Mendidik Anak Hiperaktif

Cara mendidik anak hiperaktif masing-masing orang tua berbeda. Orang tua yang memiliki anak hiperaktif pasti tidak akan bisa berpikir dengan tenang. Untuk menyikapi hal tersebut, setiap orang tua memiliki caranya masing-masing. Sikap orang tua menghadapi anak yang hiperaktif inilah yang perlu dikendalikan dan dijaga sebaik mungkin agar tidak berpengaruh pada psikologi anak.

Apa itu anak hiperaktif? Hiperaktif merupakan kondisi dimana anak terus menerus bergerak aktif tak mau diam. Anak yang hiperaktif biasanya akan terus mencoba mencari hal baru untuk dilakukan. Anak hiperaktif juga tidak akan mudah merasa lelah bahkan ia akan terus berlari kesana kemari dengan gesit tanpa keinginan untuk beristirahat. 

Perlu diketahui bahwa kondisi hiperaktif ini bisa terjadi pada anak perempuan maupun anak laki-laki. Biasanya sifat hiperaktif anak akan muncul ketika anak sudah bisa beraktivitas dan mengenal banyak benda di sekitarnya. Lalu apa yang harus dilakukan oleh orang tua?

Menyikapi Anak Hiperaktif
Menyikapi seorang anak yang hiperaktif memang tidak mudah. Apalagi untuk mendidik mereka. Namun, sebagai orang tua yang baik jangan sampai anda menyerah. Berikut adalah beberapa cara mendidik anak hiperaktif yang bisa anda lakukan :

1.    Jaga Asupan Nutrisi Anak
Berikan asupan nutrisi lengkap untuk anak. Perlu diketahui bahwa anak yang hiperaktif secara otomatis akan kehilangan banyak energi. Artinya, mereka mungkin akan cepat merasa lemas dan anda sebagai orang tua bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan energi mereka dengan optimal.

2.    Berikan Kasih Sayang Lebih
Anak yang hiperaktif harus diberi kasih sayang yang lebih. Perlakukan mereka dengan penuh kelembutan. Hal ini akan membuat anak anda merasa nyaman. Mereka juga secara tidak langsung akan mencontoh perilaku anda yang penuh kasih sayang dan kelembutan itu.
3.    Cari Tahu Bakat Anak
Coba anda cari tahu apa yang menjadi bakat dari anak anda. Meskipun anak anda hiperaktif tapi dia pasti memiliki hal tertentu yang suka dilakukan. Coba ajak anak untuk terus menekuni bakatnya. Jika ia melakukan apa yang ia suka maka sejenak ia akan lupa untuk beraktivitas ke sana kemari.

4.    Ajak Anak Berkomunikasi
Anda harus sering meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak anda. Terutama untuk anak yang hiperaktif, anda harus membuka hati dan mendengarkan apa yang anak anda katakan. Jangan membuat anak merasa tidak diperhatikan dan tidak memiliki teman untuk bercerita karena anda tidak mendengarkan mereka.

Itulah tadi beberapa cara mendidik anak hiperaktif yang bisa anda lakukan. Jika anak melakukan kesalahan, maka jangan pernah sekalipun mencoba membentak anak. Nasihati anak anda dengan kata-kata yang halus dan sopan. Pastikan anda merangkul anak yang hiperaktif dengan penuh kelembutan dan kasih sayang yang melimpah.

1 komentar: