Kamis, 21 Februari 2019

Sparepart Motor : 5 Ciri Ban Motor Perlu Segera Diganti

Spare Part

Spare part motor terdiri dari banyak sekali jenisnya. Untuk membentuk sebuah motor yang performanya bisa diandalkan, dibutuhkan spare part dengan kualitas yang terbaik. Setiap jenis sparepart pada sebuah sepeda motor memiliki fungsi tertentu yang mendukung performa sepeda motor. Jika ada satu saja yang rusak maka performa motor akan terganggu.
 
Sepeda motor menjadi kendaraan harian favorit banyak orang di Indonesia. Kita tahu bahwa motor sangat praktis untuk dipakai berkegiatan sehari-hari. Selain itu, biaya sepeda motor juga lebih hemat walau dipakai setiap hari. Agar sepeda motor yang Anda pakai sehari-hari memberi kenyamanan berkendara yang optimal maka perawatan sparepart sangat dibutuhkan.
 
Salah satu sparepart yang harus dirawat dengan baik adalah ban. Ban motor menjadi bagian yang akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pengendara sepeda motor saat berkendara. Ban motor memiliki waktu pakai tertentu dan harus segera diganti jika waktunya telah tiba. Lalu, kapan sebenarnya ban motor Anda perlu diganti?
 
Ciri Ban Harus DigantiKetika ban motor Anda sudah aus maka performa sepeda motor akan berkurang. Pengendara akan merasa tidak nyaman jika harus berkendara dengan sepeda motor yang bannya sudah aus dan tidak layak. Sebaiknya, segera ganti ban motor jika sudah ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ban tersebut sudah tidak layak digunakan.
 
Mengganti ban menjadi salah satu bentuk perawatan sparepart motor yang dilakukan untuk menjaga performa sepeda motor Anda. Berikut adalah beberapa ciri yang menunjukkan bahwa ban motor Anda sudah harus diganti :
 
1. Alur Ban MenipisSalah satu cara untuk memeriksa apakah ban motor Anda sudah harus diganti adalah dengan melihat alur ban. Seperti kita tahu bahwa ban motor memiliki alur tertentu. Jika alur tersebut sudah semakin tipis dan mulai menghilang maka bisa dikatakan bahwa ban motor Anda sudah harus segera diganti.
 
2. Terasa Goyangan saat BerkendaraSaat berkendara, Anda bisa menemukan tanda-tanda bahwa ban motor Anda harus segera diganti. Biasanya ketika berbelok motor akan terasa goyang. Jika hal ini terjadi maka artinya Anda harus segera mengganti ban motor yang digunakan. Jika tidak segera diganti maka bisa berbahaya dan menyebabkan Anda terjatuh khususnya ketika berbelok atau saat mengebut.
 
3. TWI Sejajar dengan Permukaan BanTWI merupakan kependekan dari Tread Wear Indicators. TWI adalah tanda yang berbentuk segitiga dan menonjol pada bagian ban. Jika TWI ini sudah sejajar dengan permukaan ban maka artinya ban sudah lama digunakan dan bergesekan dengan jalan. Oleh karena itu sebelum menimbulkan bahaya, Anda harus segera mengganti ban motor.
 
4. Tonjolan pada BanSeringkali karena ban motor sering digunakan kemudian muncul tonjolan pada permukaan ban. Tonjolan ini bisa semakin parah dan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berkendara. Sebaiknya segera ganti ban motor jika sudah mulai muncul tonjolan pada ban motor Anda.
 
5. Kasar saat Melewati Jalan RusakBan motor harus segera diganti jika Anda merasakan adanya genjotan aksar khususnya saat motor melewati jalanan yang rusak. Genjotan kasar ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan lebih buruknya bisa membuat Anda terjatuh.
 
Itulah tadi beberapa ciri yang menunjukkan bahwa ban motor Anda harus segera diganti. Pastikan bahwa Anda mengganti ban motor di tempat yang tepat dan memilih ban motor yang berkualitas. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan sparepart motor lainnya demi menjaga kualitas atau performa motor.

1 komentar: