Rabu, 22 Mei 2019

Dipercaya Sejak Dulu, Ini Ciri-ciri Hamil Bayi Kembar

Banyak yang mempercayai calon ibu yang mengalami morning sickness yang berlebihan itu adalah ciri ciri hamil bayi kembar. Memiliki anak kembar memang menjadi dambaan bagi sebagian orang tua, karena memiliki anak kembar memang relatif jarang khususnya di Indonesia. 
 
Ciri Ciri Hamil
 

Pada dasarnya kehamilan bayi kembar atau tidak cirinya hampir sama saja, hanya saja terdapat beberapa hal yang mungkin lebih terasa saat Anda mengandung anak kembar. Pada umumnya, ciri-ciri bayi kembar bisa diketahui sejak trimester pertama. Seperti :

1.    Berat Badan Naik Drastis & Cepat
Ini tanda yang paling mudah dideteksi, pasalnya kehamilan bayi kembar memang akan membuat berat badan ibu jadi lebih cepat naik dengan signifikan pada trimester pertama. Selain itu, tanda hamil bayi kembar juga bisa terlihat dari ukuran perut. Wanita hamil kembar cenderung terlihat lebih besar dari perut wanita kehamilan tunggal.

2.    Mudah Lelah
Memiliki cabang bayi kembar memang akan membuat ibu akan semakin cepat lelah, selain itu pinggang ibu juga akan lebih cepat sakit. Wajar saja karena ada dua bahkan bisa lebih calon bayi yang berada dalam pertut ibunya. Kelelahan ini juga bisa disebabkan karena tubuh membutuhkan energi yang lebih besar untuk memenuhi nutrisi bagi dua janin di dalam kandungan. Kondisi ini akan semakin berat seiring perkembangan janin.

3.    Sesak Nafas & Pegal Badan
Tanda hamil bayi kembar lainnya adalah munculnya sesak napas. Sesak napas yang dialami wanita hamil kembar akan terasa lebih buruk jika dibandingkan kehamilan tunggal. Selain dipengaruhi tingginya kadar hormon progesteron dalam tubuh, adanya dua janin dalam kandungan dapat membuat diagfragma terdorong, sehingga menyebabkan kehamilan kembar menjadi tidak nyaman saat bernapas. Selain itu, kehamilan kembar juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman jika dibandingkan kehamilan tunggal. Ketidaknyamanan yang bisa dirasakan adalah pegal pada kaki dan punggung, akibat meningkatknya kenaikan berat badan pada kehamilan kembar.

4.    Gerkan Janin Jadi Lebih Sering
Salah satu ciri hamil bayi kembar yang dipercaya sejak dulu adalah gerakan bayi dalam kandungan yang lebih intens dari biasanya.

5.    Kadar hcG Awal Kehamilan
meningkatnya kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) juga dipercaya sebagai ciri hamil bayi kembar. Kadar hCG yang tinggi dari kehamilan pada umumnya, biasanya menandakan bahwa Anda sedang mengandung anak kembar. Namun, tingginya kadar hCG juga dapat dihasilkan pada ibu yang menggunakan obat penyubur. Tingginya kadar hCG ini bisa membuat morning sickness yang lebih berat dibanding kehamilan tunggal.

6.    Detak jantung menjadi lebih cepat
Seiring bertambahnya berat badan karena adanya janin kembar dan peningkatan volume darah, tanda hamil bayi kembar yang bisa terjadi adalah menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Irama jantung yang lebih cepat ini menyerupai ketika Anda sedang berolahraga.

7.    Resiko Preeklamasia Lebih Tinggi
Tanda hamil bayi kembar yang terakhir adalah Anda akan lebih sering mengalami preeklamsia. Preeklamsia merupakan kondisi tekanan darah tinggi, urine yang mengandung protein, serta dapat disertai pembengkakan kaki dan tangan ibu hamil. Kondisi ini harus diwaspadai karena dapat menimbulkan kejang-kejang pada ibu hamil.

Itulah beberapa ciri-ciri hamil bayi kembar yang dipercaya sejak dulu dimasyarakat Indonesia, namun alangkah baiknya memeriksakan langsung kehamilan pada dokter spesialis.

Saat Anda sudah dinyatakan mengandung anak kembar, Anda diharuskan memenuhi asupan zat besi lebih tinggi dari biasanya untuk mendukung kesehatan janin. Apabila asupan zat besi tidak tercukupi dengan baik, Anda berisiko mengalami anemia.

0 komentar:

Posting Komentar