Sabtu, 24 Agustus 2019

Yuk Coba Bikin Selai Cokelat Sendiri Di Rumah

Selai Cokelat

Selai cokelat adalah pendamping roti yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia khususnya anak-anak karena rasanya yang nikmat dan juga manis sehingga sangat cocok untuk dioleskan di atas roti tawar yang dimakan ketika sarapan pagi agar bersemangat menghadapi hari.

Coklat sendiri adalah makanan yang dihasilkan dari biji kakao yang telah diproses dengan cara tertentu sehingga menghasilkan bubuk coklat yang siap untuk digunakan dalam proses pembuatan makanan dan yang lainnya.

Sedangkan selai coklat adalah sebuah pasta rasa coklat yang sebagian besar dijadikan olesan roti pada roti tawar dan roti bakar atau pastri serupa seperti waffle, panekuk, muffin, dan pita. Meskipun selai tersebut memiliki rasa, aroma, dan penampakan seperti coklat, namun selai tersebut tidaklah murni.

Sebenarnya selai cokelat sudah banyak dijual dipasaran, muai dari harga yang terjangkau hingga selai cokelat premium yang harganya mahal. Namun tak ada salahnya jika ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, agar tidak salah dan gagal, yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Alat dan bahan

Untuk membuat satu toples selai cokelat yang nikmat, bahan yang anda butuhkan adalah cokelat bubuk, tepung terigu, susu kental manis cokelat, gula pasir, margarin (bisa diganti dengan minyak goreng), vanili, dan air. Usahakan untuk memilih bahan kualitas terbaik, terutama bubuk cokelatnya. Jika anda menggunakan cokelat bubuk yang biasa, maka rasa, aroma, dan tekstur selai cokelat anda akan kurang bagus.

Jika anda ingin rasa cokelatnya lebih kuat dan lezat, anda juga bisa menambahkan DCC (dark cooking chocolate) yang khusus digunakan untuk memasak. DCC ini sudah sering sekali digunakan dalam pembuatan kue coklat, sehingga rasa coklatnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk alatnya sendiri, anda hanya membutuhkan panci anti lengket dan alat pengocok (whisk) untuk mengaduk selai.

Cara membuat

•    Campur semua bahan
Pertama-tama, campur semua bahan kering dalam panci anti lengket. Lalu masukkan susu kental manis yang sudah diencerkan dengan air yang, sambil masukkan DCC yang sudah dicincang/diserut halus. Aduk dengan gerakan memutar terus-menerus dalam api kecil sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada sisa tepung yang menggumpal.

•    Masukkan margarin pada tahap terakhir
Setelah selai mulai kental dan meletup-letup, masukkan margarin atau minyak goreng. Aduk terus menerus agar margarin bisa meleleh dengan sempurna dan tercampur rata dengan adonan selai. Tunggu sampai selai benar-benar matang, lalu matikan kompor.

•    Pindahkan selai ke dalam toples kaca
Jika selai sudah mulai benar-benar dingin, pindahkan selai ke dalam toples kaca yang kedap udara. Selain agar lebih mudah diambil, menyimpan selai dalam toples kaca juga bisa membantu agar selai lebih tahan lama. Pastikan anda menutup kembali toples dengan rapat setelah mengambil/menggunakannya.

•    Masukkan selai ke dalam lemari es
Sebenarnya, selai cokelat yang sudah matang sudah bisa langsung dikonsumsi. Hanya saja, saya sangat menyarankan agar anda memasukannya terlebih dahulu ke dalam lemari. Hal tersebut bertujuan agar tekstur selai menjadi lebih kental.

Nah itulah tadi cara membuat selai cokelat sederhana yang bisa kamu praktekkan dirumah sendiri. Untuk mnikmati selai cokelat yang nikmat tentunya tidak perlu membeli yang mahal.

Dengan membuatnya sendiri, anda juga bisa tahu dan menakar jumlah gula yang digunakan. Lebih sehat, aman, dan dijamin tidak kalah enak dibandingkan selai coklat komersil di pasaran.

0 komentar:

Posting Komentar