Rabu, 18 Desember 2019

Tips Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Gatal

Kulit Lembut

Apakah kamu memiliki kulit kering bersisik dan gatal? bagaimana cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal pada kulit kamu?. Mengatasi kulit kering dan gatal bukan hanya tentang produk apa yang kamu pakai. 
 
Kulit kering merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang dan dapat menyebabkan kulit jadi kelihatan bersisik dan kusam. Kulit kering bersisik pastinya sulit untuk disembunyikan terutama di wajah yang bahkan makeup pun tidak banyak membantu yang ada justru memperburuk masalah. 
 
Dan bukan tidak mungkin kulit bersisik membuat penderitanya malu hingga memengaruhi kualitas hidupnya. Hal ini juga tergantung pada bagaimana kamu membersihkan kulit kamu, udara di sekitar kamu, dan bahkan pakaian kamu. Cobalah tips berikut ini untuk menenangkan kulit kamu.
 
Bersihkan Kulit dengan Lembut
Cuci kulit kamu dengan pembersih saat kamu mandi. Pakar kulit mengatakan bahwa sabun yang lembut yaitu sabun yang bebas dari keharuman merupakan pilihan terbaik. Produk dengan aditif deodoran atau antibakteri mungkin menyebabkan kulit kering, bersisik dan gatal.
 
kamu juga dapat menggunakan pembersih yang mengandung ceramides, kata ahli kulit Carolyn Jacob. Ceramides adalah molekul lemak yang membentuk penghalang kulit luar kamu. Ini membantu kulit tetap bertahan dalam kelembaban.
 
Memakai Tabir Surya
Kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu penyebab utama kulit kering, bersisik dan gatal. kamu dapat mencoba mencegah kerusakan itu dengan memakai tabir surya spektrum luas setiap saat dan berpakaianlah dengan benar saat keluar rumah.
 
Menurut pakar kulit, saat cuaca dingin, pastikan untuk berpakaian lebih tebal agar tidak terlalu panas dan berkeringat berlebihan yang keduanya bisa mengiritasi kulit.
 
Di musim panas, kenakan baju ringan, longgar, baju lengan panjang saat berada di bawah sinar matahari, dan kenakan topi bertepi lebar untuk melindungi kulit leher, telinga, dan mata kamu dari sinar matahari.
 
Jangan Mandi Air yang Terlalu Panas
Mandi air panas kadang terasa enak, tapi air panas bukanlah ide bagus untuk kulit kering kamu. Masalahnya adalah bahwa air panas dapat menghilangkan minyak alami pelindung kulit kamu yang diperlukan kulit untuk mempertahankan kelembaban dan menjaga kulit kamu halus dan lembab.
 
Jadi mandi air panas jangan terlalu lama. Pakar perawatan kulit merekomendasikan mandi air panas jangan lebih dari 5 sampai 10 menit. Setelah itu, tepuk dengan lembut dan melembabkan kulit kamu.
 
Melembabkan Kulit pada Musim Dingin
Udara dingin dan kering juga salah satu penyebab umum kulit kering, bersisik dan gatal. Penghangat ruangan membuat kamu tetap hangat, tapi dapat menghilangkan kelembaban dari udara, yang bisa membuat kulit kering malah lebih kering.
 
Untuk menggantikan kelembaban yang hilang dengan cepat dan mudah, gunakan pelembab di kamar tidur kamu, kata pakar kulit. kamu bisa mengecek kelembaban dengan mudah dengan pengukur kelembaban yang murah, biasanya disebut hygrometer. Tujuannya untuk kelembaban dalam ruangan sekitar 50%.
 
Bercukur dengan Baik
Mencukur juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit kering, bersisik dan gatal. Saat kamu mencukur bulu yang tidak diinginkan, kamu juga telah menggores minyak alami dalam kulit.
 
Menurut ahli kulit, waktu terbaik untuk bercukur adalah setelah kamu mandi. Bulu akan lebih lembut dan lebih lentur setelah mandi, membuat cukur lebih mudah. Saat mencukur selalu gunakan krim atau gel khusus untuk cukur untuk melindungi kulit kamu.
 
Pastikan pisau cukurnya tajam. Pisau silet yang kusam dan kotor bisa menyebabkan iritasi pada kulit kamu. Seringlah ganti pisau cukur. Jika kamu menggunakan silet yang sudah kamu gunakan sebelumnya, rendam dalam alkohol untuk membersihkannya.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar