Rabu, 04 Maret 2020

Car Seat Untuk Bayi, Perlukah?

Joie

Bepergian dengan membawa bayi atau balita seakan Nampak gampang dan biasa saja, namun sebenarnya membawa bayi saat bepergian apalagi bepergian menggunakan mobil menyimpan resiko yang besar pula.

Karena faktanya tidak sedikit terjadi kecelakaan, hentakan keras dapat membuat tubuh bayi terjepit tubuh orang dewasa yang menggendongnya, atau justru terlempar ke depan. Sabuk pengaman yang tidak dirancang untuk tubuh anak-anakpun bisa menimbulkan risiko bayi tercekik.

Untuk keamanan si buah hati saat bepergian dengan mobil, gunakan car seat. Ada banyak merk carseat yang bisa ditemukan saat ini seperti car seat Joie. Bepergian dengan membawa bayi menggunakan car seat selain aman karena dirancang khusus agar tidak menempel permanen ke mobil, mendudukkan bayi pada car seat akan melatih kemandirian bayi karena ia akan belajar duduk sendiri di dalam mobil.

Selain itu ada banyak manfaat lainnya, seperti :
1.    Menghindari bayi agar tidak terjatuh
Ketika bayi dipangku oleh ibu di dalam sebuah kendaraan tentunya resiko terjatuh akan berada dalam tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan alat car seat sebagai tempat duduknya. Resiko terjatuh itu sendiri muncul apabila mobil tersebut direm secara mendadak, sehingga ibu kaget dan dapat saja melepaskan pelukan pada sang bayi yang tengah dipangku olehnya. Sementara itu, jika bayi menggunakan car seat tentunya ia akan dilindungi oleh sabuk pengaman sehingga tubuh yang dimilikinya pun akan tertahan dengan lebih aman dan terhindar dari resiko jatuh dengan lebih mudah.

2.    Melindungi bayi dari kemungkinan kecelakaan
Manfaat yang paling utama dari penggunaan car seat adalah melindungi bayi dari berbagai macam bentuk kemungkinan terjadinya kecelakaan atau beragam hal lain yang tentunya mengancam keselamatan. Seperti yang dapat anda bayangkan, bagaimana jadinya apabila bayi yang tengah dipangku oleh ibu dan kemudian kecelakaan mobil pun terjadi, maka bukan hanya ibu saja yang mungkin akan mengalami luka parah, melainkan bayi kecil tersebut pun demikian adanya. Karena itulah dengan menggunakan car seat tentunya tubuh bayi akan berada dalam kondisi yang jauh lebih aman.

3.    Ibu tidak mudah lelah
Ketika ibu menggendong bayi di dalam mobil, meskipun berada dalam kondisi duduk tentunya ibu tetap merasa lelah karena posisi duduk yang mungkin saja terasa tidak nyaman baginya. Apalagi jika perjalanan dilakukan dalam jarak jauh. Dengan menggunakan car seat tentunya perjalanan yang dilakukan pun dapat meringankan beban ibu dengan lebih mudah, sehingga ia tidak mudah lelah dan tentunya dapat mendukung aktivitas ibu dengan lebih leluasa.

Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa anak yang masih berusia kurang dari 2 tahun, harus menggunakan car seat menghadap ke belakang. Ini akan sangat aman untuk tulang-tulang bayi yang belum kuat saat menahan guncangan jika mobil direm secara mendadak.
Penelitian yang dilakukan di tahun 2007 memperlihatkan bahwa pemakaian car seat menghadap ke belakang dapat mengurangi resiko kecelakaan bayi hingga 75%. Dengan penempatan menghadap ke belakang maka akan menjaga kepala, leher, dan tualng belakang anak jika terjadi benturan hebat. 

Sementara untuk anak yang sudah berusia di atas 3 tahun atau sudah memiliki tinggi dan berat badan maksimum, maka Sahabat bisa menggunakan convertible car seat yang bisa ditempatkan menghadap ke depan atau ke belakang.

0 komentar:

Posting Komentar