Minggu, 21 Juni 2020

Tips Dan Cara Memilih Kamera SLR Full Frame Untuk Pemula

Kamera SLR

Keberadaan kamera bisa memberikan kesempatan bagi pemiliknya untuk menangkap berbagai momen. Dari sekian banyak jenisnya, DSLR atau digital single lens-relfex adalah salah satu produk yang cukup banyak peminatnya. Namun dibalik kepopulerannya, kamera SLR ini dikenal dengan harga yang tinggi dan pemakaian yang membingungkan. Jika Anda ingin membeli, berikut adalah cara dan tips memilih yang perlu Anda pertimbangkan. 
 
Inilah Tips Dan Cara Memilih Kamera Yang Perlu Anda Pertimbangkan
1. Memilih Berdasarkan Skill Atau Level
Apakah Anda pemula atau profesional dalam bidang fotografi? Perlu diketahui bahwa kamera jenis ini punya lebih banyak fitur ketimbang kamera digital biasa. Perlu skill dan ilmu yang cukup agar produk bisa digunakan secara maksimal begitu juga agar Anda bisa kuasai dengan baik. Setidaknya ada 3 jenis level yang bisa dipertimbangkan, beginner (pemula) atau entry level, Intermediate level, dan level fotografer profesional. 
 
Tentunya setiap level akan punya perbandingan dari segi sistem, fitur, komponen, dan kemampuan kamera. Sebut saja kamera SLR tipe atau seri Canon kiss. Kamera ini didesain untuk pemula karena kemampuan dan fitur yang lebih mudah untuk dikuasai. Sedangkan, tipe EOS punya sensor, fitur, dan sistem yang lebih rumit sehingga lebih cocok untuk level menengah. Sedangkan EOS-1D x adalah contoh kamera profesional yang pastinya jauh lebih rumit. 
 
2. Pilih Berdasarkan Lensa Kit
Tidak hanya kemampuan mesin dan fitur, Kit juga akan disesuaikan dengan level kamera. Pada umumnya, level entry dan menengah dilengkapi dengan 3 set pilihan. Yakni bodi kamera, double zoom kit, atau lensa kit. Bagi Anda yang masih pemula, pilihan beli kamera plus lensa kit standar sudah dirasa cukup. Opsi ini kerap kali dijadikan pilihan utama karena lebih praktis dan juga tergolong hemat biaya (daripada beli kamera dan lensa terpisah) 
 
3. Pilih Berdasar Tujuan Pemotretan
Kamera SLR yang dibeli akan digunakan untuk apa? tujuannya apa? pertimbangkan ide itu karena Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan kamera dengan fitur yang berbeda. Tentunya fitur itu akan berikan dampak yang signifikan pada hasil pemotretan. Dalam hal ini, ada beberapa fitur yang perlu dimengerti. CMOS, ISO, Scene detection system, dan auto fokus. Fitur CMOS bisa Anda temukan di camera besutan Canon. 
 
Fitur ini adalah kemampuan untuk menangkap video dengan resolusi yang baik, bahkan time-lapse 4k. ISO digunakan untuk mengatur atau kapabilitas kamera untuk menangkap cahaya. Semakin tinggi ISO ,semakin sensitif dan semakin baik hasil tangkapan gambar. Sedangkan Scene detection system beri bantuan untuk memfoto objek seperti orang, masakan, dan binatang. Dan Auto fokus yang tinggi cocok untuk memotret objek bergerak. 
 
4. Berdasar Harga Dan Merek Kamera
Jika sudah tahu tentang kebutuhan akan kamera SLR, baru Anda bisa pertimbangkan brand dan harga. Canon, Nikon, Sony, dan Fujifilm adalah 4 dari sekian banyak nama produsen yang peminatnya berlimpah. Mereka juga tawarkan berbagai macam jenis dan model kamera dengan fitur, kinerja, spesifikasi, dan harga yang berbeda. Pada umumnya, harga kamera DSLR berkisaran dari harga 2 juta hingga puluhan juta rupiah. 
 
Secara tidak langsung memilih kamera sebelum membeli adalah hal yang sangat penting. Apalagi jika Anda tidak ingin dirugikan karena barang tidak sesuai atau tidak bisa dipakai secara maksimal. Sebab itulah memperhitungkan skill pemakai, lensa kit, dan juga tujuan pemotretan perlu dijadikan patokan sebelum Anda memilih sebuah kamera. Dengan 4 hal tersebut, setidaknya Anda bisa tentukan yang sesuai dengan apa yang diharapkan. 

0 komentar:

Posting Komentar