Minggu, 15 November 2020

5 Tips Mengajarkan Pola Makan Sehat Pada Anak

 

Pola Makan Sehat


Mengajarkan anak untuk terbiasa mengonsumsi makanan sehat memang terlihat cukup challenging dan menyulitkan. Sebab ketika Anda harus memaksa hingga mengomelinya, anak biasanya semakin enggan untuk menerapkan pola makan yang sehat. Padahal, pola makan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan anak sejak dini. Meskipun sudah melindungi anak dengan asuransi kesehatan murni, kesehatan dan nutrisinya tetap harus selalu dipantau.


Jika Anda tengah menghadapi dilema ini, jangan khawatir. Dilansir dari WebMD.com, berikut ini adalah 5 tips mengajarkan pola makan sehat kepada buah hati Anda.


1.    Jadikan pola makan sehat sebagai kebiasaan
Jika Anda ingin buah hati Anda memiliki kebiasaan makan sehat, Anda pun perlu menerapkan kebiasaan tersebut. Biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat di rumah dan menerapkan polanya. Tak hanya itu, libatkan anak dalam proses pemilihan bahan makanan, seperti saat berbelanja sayuran dan buah-buahan segar, memilih resep untuk disantap setiap hari, maupun saat membuat daftar belanja.


2.    Tunjukkan seperti apa pola makan yang baik
Daripada repot-repot menceramahi anak, lebih baik jelaskan dengan cara memberi contoh. Misalnya dengan menunjukkan kepada anak seperti apa porsi makan yang sehat dan bergizi seimbang serta memberi penjelasan: isi setengah piring dengan sayur dan buah untuk pertumbuhan anak, lalu isi setengahnya lagi dengan campuran protein dan gandum utuh untuk sumber energinya.


3.    Hindari melabeli makanan “baik” dan “buruk”
Anak perlu belajar bahwa semua jenis makanan sebenarnya bisa disantap – kecuali jika Anda sudah memastikan dengan dokter bahwa anak memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Jadi, daripada memberi label yang mutlak seperti “baik” dan “buruk” pada makanan, sebaiknya Anda pilih label yang lebih fleksibel. Contohnya “oke” dan “sesekali boleh”. Untuk makanan seperti sayur dan buah, berilah label “oke. Sedangkan untuk makanan yang kurang sehat seperti kentang goreng, burger, permen, dan cokelat, beri label “sesekali boleh”. Jadi, anak masih bisa menikmati makanan manis atau gorengan, tapi label tersebut akan membiasakan anak untuk tidak sering-sering mengonsumsinya.


4.    Batasi makanan manis
Jelaskan kepada anak bahwa meskipun makanan manis seperti permen memang enak, kandungan gulanya yang tinggi bisa membahayakan kesehatan, seperti kesehatan gigi maupun perut. Kemudian, biasakan anak untuk lebih memilih buah sebagai cemilan makanan manisnya.


5.    Makan semeja bersama keluarga
Tahukah Anda kalau anak yang rutin makan bersama keluarga cenderung mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi camilan? Bukan hanya itu saja, menjadikan waktu makan untuk berkumpul bersama keluarga juga akan mempermudah Anda dalam memberikan contoh soal kebiasaan dan menu makan yang sehat, di samping menjaga kedekatan keluarga. 


Nah, itulah 5 tips cara mengajarkan anak agar terbiasa menerapkan pola makan sehat. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar